Home » » Pulau Tidung Wisata Pulau Seribu

Pulau Tidung Wisata Pulau Seribu

Written By Munjirin Masmun on Sunday, August 18, 2013 | 11:31 AM

Pulau Seribu terdiri dari banyak kepulauan yang masing-masing pulau mempunyai karakteristik unik sendiri dan luas wilayah yang berbeda juga. Pulau Tidung adalah salah satu pulau terbesar dalam gugusan Kepulauan Seribu dan merupakan pulau berpenduduk yang berkembang menjadi daerah wisata. Wisata yang berkembang ini lebih bersifat wisata masyarakat dengan pelaku dan penyelenggaranya adalah warga yang tinggal di Pulau Tidung. Jika dibandingkan dengan pulau resort fasilitas dan harganya jauh berbeda, disana jauh lebih murah namun dengan fasilitas khas warga. Namun bukan berarti wisata yang ada tidak menarik tapi justru unik dan membuat penasaran para wisatawan untuk berlibur kesana.
Pulau Tidung

pulau tidung
Sebagai daerah tujuan wisata, Pulau Seribu memiliki ciri khas sendiri yang umum adalah wisata pulau resort dan wisata berbasis masyarakat. Untuk wisata berbasis masyarakat ini bisa dijumpai di Pulau Tidung dan sekitarnya seperti Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa. Pada awal mulanya Pulau Pramuka dan Untung Jawa adalah salah satu pencetus wisata masyarakat ini dan kemudian diikuti oleh Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Harapan. Namun dari semua wisata pulau seribu yang paling ramai dan fenomenal adalah wisata pulau tidung. Jumlah pengunjung rata-rata tiap minggu bisa mencapai 5000 sampai 8000 orang. Inilah yang kemudian menjadikan Pulau Tidung sebagai tempat wisata terunik di Jakarta. Setidaknya ini penilaian yang diberikan oleh program liputan Metro 10 yang ditayangkan minggu malam ( 22/02 ) tentang 10 tempat terunik di wilayah Jakarta.
Pulau yang dihuni oleh sekitar 1500 kepala keluarga ini memang menawarkan pemandangan dan panorama alam yang menawan. Lokasi yang paling banyak diminati adalah jembatan sepanjang 700-an meter yang membelah laguna, daerah laut dangkal berwarna biru muda yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pada sisi kanan dan kiri sepanjang jembatan ini, pengunjung bisa dengan jelas melihat dasar berpasir putih, ikan dan padang lamun. Pada sore menjelang sunset dan sunrise pemandangan di tempat ini terasa amat eksotis dengan background pulau-pulau terdekat seperti Pulau Payung di bagian selatan dan Pulau Karang Beras di bagian utara. Jembatan ini kemudian dikenal sebagai " Jembatan Cinta " demikian banyak pengunjung menyebutnya.
Selain pemandangan yang eksotis disekitar tanjungan timur dan jembatan cinta, disekitar tempat ini juga merupakan salah satu favorit pengunjung untuk ber-snorkeling. Terumbu karang dan ikan yang hidup disekitar batas luar gudus ini masih terjaga dengan baik sehingga sangat indah jika dilihat dari dekat. Anda bahkan bisa berenang dengan ikan sembari memberi makan seadanya seperti roti agar ikan-ikan ini mau berkumpul disatu lokasi. Tertarik? Segera luangkan waktu sejenak untuk berlibur ke Pulau Tidung dengan membawa teman dan keluarga agar lebih ramai dan menyenangkan. Jika Anda tidak mau repot Anda dapat juga menghubungi beberapa Agen penyedia jasa Paket Wisata Pulau Tidung untuk menyiapkan segala keperluan Anda berlibur disana.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

* Komentar harus sopan
* Komentar sesuai topik
* Komentar di moderasi

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Template information

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Pulau Tidung | Paket Wisata Pulau Tidung Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger